Selasa, 28 April 2015

Mengenal Arti Bunyi Beep pada BIOS Komputer

     Mungkin sobat pernah mendengar Bunyi Beep dari komputer sobat. Bunyi Beep yang dikeluarkan oleh suatu komputer Memiliki arti tertentu, Misalkan untuk Menunjukkan Komputer dalam keadaan Baik atau bisa juga Menunjukkan bahwa salah satu Peripheral komputer ada yang mengalami Masalah. Nah, dengan Bunyi Beep inilah sob kita dapat mengetahui apa yang menjadi permasalahan ketika komputer Kita sedang dalam keadaan Rusak. Oke Sob, Kita langsung aja ke TKP.
     Setiap arti Bunyi Beep berbeda-beda. tergantung dari Jenis BIOS yang terpasang pada komputer kita, Misalkan AMI BIOS, Phoenix BIOS, Award BIOS, dsb. Namun, saya akan Memberitahukan Bunyi Beep secara Umum. Berikut adalah Macam-macam Arti Bunyi Beep pada Komputer Secara Umum :

1. Tanpa ada Bunyi sama sekali
    Jika tidak terdengar bunyi sama sekali, namun komputer sobat tidak bisa melanjutkan Proses POST, berarti ada 3 Kemungkinan masalah yang terjadi pada komputer sobat. Pertama, periksa Power Supply komputer sobat, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Kalau tidak ada tegangan sama sekali yang masuk, berarti memang Power Supply sobatlah yang sedang mengalami masalah. Kemungkinan kedua adalah Motherboard yang "Rewel". Periksa apakah MoBo sobat dalam keadaan OK atau tidak. Kemungkinan ketiga adalah Speaker Internal yang tidak rusak atau memang speaker tersebut tidak terpasang pada jack yang sesuai.

2. Beep Satu Kali
    Bunyi Beep yang satu ini menandakan bahwa Semua peripheral pada Komputer sudah bekerja dengan baik dan dalam keadaan yang OK. Tapi ketika bunyi Beep ini terdengar namun tidak ada Tampilan gambar apapun pada layar monitor, maka periksalah apakah kabel interface dari monitor sudah terhubung pada Port Video yang sesuai. Jika Sobat memakai VGA Card Eksternal, tentulah harus tersambung pada VGA tersebut dan bukan pada Port VGA on-board pada motherboard. Tapi jika semua sudah oke namun tetap saja tidak ada gambar yang terlihat pada Monitor, bisa dipastikan bahwa Motherboardnya mengalami masalah pada Chip yang berhubungan dengan VGA Card. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mereset Modul Memory dan kemudian lakukanlah Reboot. Jika kondisinya masih sama, Ini menandakan Salah satu Chip memang Rusak.

3. Beep Dua Kali
    Jika bunyi beep ini yang terdengar, berarti ada sesuatu yang kurang beres dengan memori PC Sobat. Periksa fasilitas video atau grafis yang ada. Jika fasilitas video ini bekerja dengan baik, pada monitor akan tampak pesan error. Apabila fasilitas ini memang tidak bekerja, berarti ada masalah dengan parity pada bagian 64KB yang pertama. Yang harus dilakukan adalah memeriksa Modul memory yang ada. Pasang kembali komponen ini secara benar kemudian lakukanlah booting ulang. Jika bunyi sebanyak ini masih saja terdengar, berarti kerusakan ada pada chip memorinya. Cara lain yang juga bisa dilakukan yaitu dengan menukar kedudukan chip memori yang pertama dengan yang kedua. Ada baiknya Sobat periksa dahulu pada buku manual mana tempat kedudukan memori pertama pada motherboard yang Sobat pakai. Apabila memori yang dipakai ternyata masih dalam kondisi prima, itu berarti kerusakan ada pada motherboard.

4. Beep Tiga Kali
    Kalau bunyi seperti ini yang terdengar, lakukanlah pemeriksaan seperti langkah nomor tiga. Biasanya bunyi ini menandakan kerusakan atau kesalahan yang hampir sama dengan bunyi beep dua kali.


5. Beep Empat Kali
    Kesalahan yang terjadi yang menyebabkan BIOS “berbunyi” sebanyak ini hampir sama dengan bunyi beep dua kali maupun tiga kali. Langkah-langkah nomor tiga bisa dilakukan kembali untuk memeriksa kesalahan. Pada bunyi beep sebanyak ini, masalah bisa juga karena timer pada PC yang kurang berfungsi dengan baik.


Untuk lebih lengkapnya, Sobat bisa Download eBook tentang Arti Bunyi Beep pada BIOS komputer di Bawah ini :

Download_eBook_Arti_Bunyi_Beep_pada_BIOS_Komputer | Via IDWS

Password : venom21 

Mungkin itu aja sob, Jika kurang jelas atau Link diatas sudah mati. Sobat kasih tau lewat Komentar. Terima Kasih. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://venomberdasi.blogspot.com/2013/08/mengenal-arti-bunyi-beep-pada-bios_17.html

0 komentar:

Posting Komentar