Minggu, 12 April 2015

Tips Hindari Pencurian Data Smartphone

Berikut ini beberapa tips untuk menghidari pencurian data smartphone berdasarkan keterangan yang berikan Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) kepada Okezone, Senin (23/3/2015).
Terapkan Enkripsi
Enkripsi merupakan metode algoritma yang bertujuan menyamarkan kandungan informasi ke dalam data yang tidak bermakna. Artinya, informasi tersebut dapat dilihat hanya pihak yang berhak, sehingga menjadi rahasia.
Semua sistem operasi smartphone saat ini sudah memiliki fitur enkripsi untuk media penyimpanan internal, namun enkripsi ini tidak hanya dapat dilakukan pada media penyimpanan internal, juga pada media penyimpanan eksternal (micro-SD).
Anti-Theft dan Remote Lock
Fitur ini memungkinkan pemilik smartphoneuntuk melindungi data dan informasi yang tersimpan dari aksi pencurian langsung secara fisik. Melalui fitur itu, pengguna memungkinkan untuk mengunci smartphone yang dicuri dari jarak jauh. Tidak peduli di mana lokasi pengguna dan gadget masih memiliki koneksi internet.
Tak hanya itu, beberapa produk pihak ketiga yang menawarkan fitur tersebut bahkan memiliki tambahan fungsi, misalnya mampu mengambil foto secara diam-diam pihak yang mencoba mengakses smartphone pengguna saat melakukan kesalahan dalam pengisianpassword sebanyak tiga kali.
Fitur Hapus Data
Fitur lainnya yang tak kalah penting ialah kemampuan menghapus data. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka dapat memberi perintah ke smartphone untuk melakukan penghapusan data yang dapat dilakukan dari jarak jauh atau dikenal remote.

Sumber : http://m.okezone.com/read/2015/03/21/92/1122215/tips-hindari-pencurian-data-smartphone,

0 komentar:

Posting Komentar